5 Masker Anti Aging Alami yang Bisa Dibuat Sendiri

Seiring dengan bertambahnya usia, kulit wajah pun pasti mulai mengalami perubahan. Khususnya bagi para wanita, bintik hitam, garis halus hingga keriput di wajah tentu akan mengganggu penampilan. 

Minyak essensial bagus untuk kehalusan kulit.


Alhasil, masalah-masalah tersebut biasanya akan diatasi dengan membeli krim atau serum anti aging alami yang harganya cukup mahal. 

Padahal, sebenarnya semua itu bisa dibuat sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di rumah. Nah, berikut ini adalah beberapa bahan yang bisa Anda buat menjadi masker anti aging alami.

Cara Membuat Masker Anti Aging Alami
1.Tomat dan biji labu

Tomat memang dikenal sebagai buah atau sayuran yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Nah, campuran tomat dan biji labu ini bisa menghasilkan masker alami yang benar-benar bermanfaat untuk menunda penuaan dini. 

Caranya sangat sederhana, cukup blender satu buah tomat berukuran besar dan segenggam biji labu. 

Pastikan sampai menjadi pasta dan kental. Lalu tuangkan sedikit air mawar agar tekstur maskernya bisa konsisten. Penggunaannya sendiri cukup dengan dioleskan secara merata pada wajah dan dibiarkan selama akurang lebih 45 menit. 

2.Pisang dan yogurt

Masker anti aging alami berikutnya bisa dibuat dengan bahan buah pisang dan yigurt. Adapun yang Anda butuhkan adalah buah pisang yang sudah matang dan 3 sendok makan yogurt. 

Campurkan dua bahan tersebut dan aduk secara merata. Tambahkan juga minyak esensial dan dua kapsul vitamin E untuk menambah efek positif. Balurkan di wajah Anda dan tunggu selama 20-45 menit. 

Setelah itu, bilas wajah Anda dengan air bersih. Gunakan masker alami ini setidaknya seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3.Alpukat dan krim

Apa yang bisa didapat dari campuran alpukat dan krim? Jangan salah, penggunaan masker anti aging alami dari dua bahan ini ternyata cukup terbukti efektif mengurangi keriput di wajah. 

Suapkan alpukat matang yang sudah dihaluskan, lalu tuangkan krim segar dengan takaran setengah cangkir. Bahkan biji alpukatnya juga bisa dimanfaatkan, lho. 

Sebab biji alpukat mempunyai kandungan nutrisi yang dinilai baik bagi kulit. Giling atau haluskan biji alpukatnya, lalu campurkan ke adonan masker yang sudah Anda buat sebelumnya. Oleskan masker secara merata di wajah, lalu tunggu sekitar 45 menit.

4.Dedaunan

Berikutnya, Anda bisa membuat masker anti aging alami dari bahan dedaunan. Bahan-bahan yang Anda butuhkan adalah daun bayam, daun ketumbar, daun kari dan daun mint. 

Pertama-tama, blender masing-masing daun. Lalu tuangkan dua cangkir dan bayam ke dalam wadah, ditambah dengan masing-masing satu cangkir daun kari, daun ketumbar dan daun mint. Dinginkan adonan ini di dalam freezer selama 10 menit. 

Setelah dikeluarkan, tambahkan kapsul vitamin E secukupnya lalu aduk secara merata. Penggunaannya pun sama seperti yang lain. Hanya saja, masker ini sebaiknya digunakan seminggu sekali saja.

Nah, dengan cara-cara tersebut, maka kerutan di wajah dan tanda-tanda penuaan lainnya bisa memudar secara signifikan. Namun penggunaan masker anti aging alami ini tentu sesuai kebutuhan. Tidak ada salahnya juga bila Anda lebih memilih produk skincare lain yang tersedia di pasaran. []

5 Masker Anti Aging Alami yang Bisa Dibuat Sendiri