Apakah Produk Kosmetik Maybelline Halal atau Haram? Ini Penjelasannya


Maybelline merupakan produk kosmetik impor yang sudah cukup lama populer dan beredar di Indonesia. Sempat berjalan sendiri, namun sejak tahun 1996 perusahaan ini diambil alih oleh L’Oreal Group. Adapun slogan yang sejak dulu digunakan oleh Maybelline adalah “Maybe She’s Born With It. Maybe It’s Maybelline”. Namun, apakah produk kosmetik Maybelline halal atau haram?

Cermat dalam memilih kosmetika.

Halal atau haram memang menjadi salah satu acuan memilih kosmetik berkualitas. Dari sekian banyak produk kosmetik yang beredar di Indonesia, sebenarnya tidak sulit mengenali produk mana yang halal dan baik digunakan oleh para muslimah. Terdapat beberapa kriteria yang kasat mata dan bisa diteliti terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli kosmetik tersebut.

Penjelasan Produk Kosmetik Maybelline Halal atau Haram

Memang hanya sedikit website yang menjelaskan tentang apakah produk kosmetik Maybelline halal atau haram. Ditambah lagi, di pasaran Maybelline juga sudah banyak mengedarkan produk-produk mereka. Dimungkinkan ada beberapa yang halal, namun ada pula yang masuk dalam kategori haram. 

Dikutip dari website Muslim Consumer Group (muslimconsumergroup.com), yang berbasis di Kanada, terdapat keterangan yang menjelaskan tentang apakah kosmetik Maybelline halal atau haram. Di situ dituliskan bahwa pada semua produk Maybelline ini tidak mengandung lemak babi atau lemak daging sapi (Desember 2010), yang mana itu artinya halal. Dijelaskan pula bahwa kosmetik Maybelline menggunakan bahan ikan dan tidak mengandung alkohol pada produk wewangiannya.

Akan tetapi, Anda perlu memperhatikan daftar bahan (ingredient) di bagian belakang kemasan sebelum membeli dan memakai. Apabila Anda menemukan bahan carmine atau cochineal, maka produk tersebut adalah tidak halal. Sebab, pewarna carmine terbuat dari serangga cocheineal dan termasuk bahan yang haram.

Apakah Serangga Cocheineal Benar-Benar Haram?

Baru-baru ini ditemukan adanya produk kosmetik dengan bahan pewarna carmine red namun telah mempunyai label halal dari MUI. Hal ini memang cukup membingungkan, namun MUI ternyata punya penjelasannya. Imam Mazhab dalam kitab fikih pernah menyebutkan bahwa serangga dibagi menjadi dua jenis, yaitu yang darahnya mengalir dan tidak. Untuk serangga yang darahnya tidak mengalir dianggap tidak membahayakan dan halal. Sedangkan serangga yang darahnya mengalir bangkainya dianggap najis.

Nah, di website Halal MUI (halalmui.org) ada beberapa pertimbangan mengapa kandungan carmine red dari serangga cocheineal lalu dianggap halal. Serangga yang dimaksud ini adalah serangga yang hidupnya di atas kaktus dan memakan nutrisi tanaman. Serangga jenis ini dinilai mempunyai manfaat bagi manusia dan tidak berbahaya karena tidak mengandung racun. Ditambah, cochenieal ini termasuk serangga yang darahnya tidak mengalir.

Jadi, kesimpulannya apakah produk kosmetik Maybelline halal atau haram? Jika melihat dari penjelasan tersebut, memang terlihat bahwa produk Maybelline adalah halal. Namun, Anda juga perlu perhatikan apakah Maybelline juga bebas animal cruelty atau tidak. Jadi supaya lebih aman, carilah produk dari Maybelline yang memang sudah benar-benar tersertifikasi halal dari MUI saja.

Apakah Produk Kosmetik Maybelline Halal atau Haram? Ini Penjelasannya