Masih Menggunakan Kosmetika Meragukan? Ternyata Produk Kosmetika Sudah Banyak yang Halal!


Assalamualaikum Syantik, semoga hari ini lebih baik dari kemarin ya. 

Masih merasa cantik tapi tidak terlalu peduli dengan status kosmetika yang sedang kita pakai? Jangan dong. Apalagi, saat ini sudah banyak deretan kosmetika berlabel halal dan juga lulus uji BPOM. 

Selain itu, juga sudah banyak kosmetika lokal dan luar yang juga free animal testing. Yang based plant juga ada lho. 

Hati-hati ciri mukminah.


Pilihan-pilihan kosmetika halal begitu banyak di depan mata kita. Jadi, tidak perlu ada alasan lagi untuk menggunakan kosmetika tidak thayib ya, karena yang halal dan thayib banyak. 

Nah, yang perlu kita ketahui sekarang adalah kosmetika apa saja yang sekiranya sudah mendapatkan lisensi halal dari MUI, ataupun dari pihak-pihak berwenang di negara asal kosmetika tersebut. 

Karena, tentu saja setiap negara yang memproduksi kosmetika ini memiliki badan berwenang masing-masing untuk melakukan uji kehalalan pada produk kosmetika tersebut. 

Contohnya seperti bedak Summer Cake Kokuryu, Vaseline Arab, Sasso Oil, Beauty Magic Cream, Egypt Beauty Magic Cream, lipstick Hare, lipstick Elizabeth Arden, Cococare Cocoa Butter Cream, dan lain-lain. 

Semua kosmetika ini impor buatan luar negeri tentu saja tidak memiliki label BPOM, namun jelas memiliki label sejenis BPOM pada kemasannya. Sekaligus label halal ya, Syantik. 

Inilah pentingnya kita mengenali label-label kemasan, sekaligus ingredients produk kosmetika. 

Untuk kosmetika lokal, tentu saja cara terbaik adalah melihat kemasan sekaligus ingredients produk. Sangat mudah sebenarnya. Apakah ada BPOM dan label MUI untuk sertifikasi halalnya. 

Saya sendiri jika berbelanja di toko ataupun minimarket selalu meneliti apakah di luar kemasan tersebut ada label halalnya. Jika tidak, tentu saja saya ragu-ragu dan memilih untuk tidak menggunakannya. 

Jangan mudah terprovokasi hasil instan ya, Syantik. Selain berbahaya. Juga tidak wajar. Utamanya misalnya dengan produk pemutih wajah ataupun kulit. Banyak yang ingin hasil cepat. 

Padahal, dokter kulit saya pernah menyatakan jika hasil putih dari wajah lebih putih dari area kulit tubuh bagian dalam, maka perlu diwaspadai, sebab pemutih yang baik tentu tidaklah ekstrim seperti ini. 

Lagipula, cantik tidaklah harus berkulit putih. Sekarang kita banyak melihat selebriti dengan tanned skin dan mereka baik-baik saja bukan? Lebih eksotis juga. Yang penting kulit sehat dan terawat. 

Kalau saya sih, selain perawatan luar, tentu juga harus punya gaya hidup sehat. Seperti olahraga, banyak mengkonsumsi air putih, dan juga banyak mengkonsumsi serat. Kulit akan lebih bersinar dan terhidrasi. Kalau kamu bagaimana?[]


Masih Menggunakan Kosmetika Meragukan? Ternyata Produk Kosmetika Sudah Banyak yang Halal!